Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Aktivitas Matahari

Secara umum matahari adalah bintang yang stabil. Namun, karena permukaanya terdiri dari gas yang sangat panas, maka beberapa aktivitas dapat terjadi di permukaan matahari. Beberapa aktivitas yang terjadi di matahari adalah terbentuknya bintik matahari(sunspot), gumpalan matahari(granula), dan lidah api(prominensa).
  • Bintik matahari (sunspot)

Bintik matahari adalah daerah di permukaan matahari(fotosfer) yang warnanya lebih gelap, karena daerah tersebut memiliki suhu lebih rendah daripada suhu fotosfer secara umum. Suhu permukaan luar fotosfer adalah
4500 K sehingga berwarna kuning, sedangkan suhu bintik matahari sekitar 1500 K sehingga berwarna lebih gelap. Umur satu bintik matahari berfariasi antara beberapa jam sampai beberapa bulan. Bintik matahari biasanya muncul secara berkelompok, antara 2-20 buah atau bahakan lebih. Setiap 11 tahun bintik matahari muncul dalam jumlah yang paling banyak. Waktu selama ini disebut siklus bintik matahari. Pada saat itu jumlah bintik matahari lebih dari 100 buah.
  • Gumpalan Matahari (granula)


Gumpalan matahari adalah gumpalan gas yang terdapat di permukaan matahari. Granula terbentuk diperkirakan karena adanya perbedaan suhu yang sangat besar antara daerah panas dan daerah dingin di permukaan matahari. Gumpalan itu memiliki garis tengah ratusan kilometer dan bertahan hanya beberapa menit, seolah-olah gumpalan itu tampak berjalan. Pengaruh granula di bumi adalah terjadinya gangguan terhadap perubahan cuaca di bumi.
  • Lidah Api (prominensa)


Lidah Api adalah massa yang memijar dan muncul di sekitar bintik matahari. Lidah api terdiri dari proton dan elektron dari atom hidrogen. Lidah api tampak seperti nyala api berwarna merah yang meluncur keluar dari fotosfer. Kebanyakan lidah api dapat bertahan beberapa jam hingga beberapa hari. Kecepatannya mencapai ribuan km/sekon dan menuju ke segala arah. Panjang lidah api dapat mencapai ribuan kilometer dari permukaan matahari. Lidah api yang sangat aktif dapat mencapai ketinggian jutaan kilometer. Lidah api berwujud aliran gas akibat ledakan di permukaan matahari. Kelajuan aliran gas tersebut berkisar antara 700-1300 km/s. Lidah api dapat diamati pada saat terjadi gerhana matahari total.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar