Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Benda-Benda Langit


  1. Asteroid
    Asteroid adalah kumpulan benda angkasa kecil yang terdapat di antara lintasan Mars dan Yupiter, beredar mengelilingi Matahari, sekaligus berputar pada porosnya. Asteroid terbesar yang telah ditemukan adalah Ceres dengan diameter 785 km. Selain Ceres telah ditemukan 5.500 asteroid dan beberapa di antaranya adalah:
  1. Pallas, diameternya 560 km,
  2. Juno, diameternya 190 km,
  3. Vesta, diameternya 390 km.

  1. Komet
    Komet merupakan benda langit yang beredar mengelilingi matahari dan tampak bersinar karena memantulkan cahaya matahari. Komet terbentuk dari debu, es, dan gas yang membeku, kemudian mengalami pemanasan oleh matahari. Lintasan komet berbentuk lonjong. Komet sering disebut dengan bintang berekor karena bentuknya panjang dan memiliki ekor. Arah ekor komet selalu menjauhi matahari. Makin dekat dengan matahari, ekornya semakin panjang. Komet yang paling terkenal adalah komet Halley. Komet Halley muncul setiap 76 tahun sekali.

  1. Meteoroid
    Meteoroid adalah benda-benda langit kecil yang mengelilingi matahari dan terdapat di ruang antar planet, berukuran sebesar biji padi sampai sebesar batu besar. Meteoroid ini masuk ke atmosfer bumi karena pengaruh gravitasi bumi. Meteoroid yang yang bergesekan dengan atmosfer bumi dan habis terbakar sebelum sampai di permukaan bumi disebut meteor. Adapun meteoroid yang tidak terbakar habis dan sampai ke permukaan bumi disebut meteorit. Ada sebuah meteorit yang jatuh di Arizona USA dengan ukuran yang sangat besar hingga membentuk sebuah kawah. Kawah tersebut dinamakan Kawah Barringer.
  2. Satelit
Kata satelit berasal dari bahasa latin “Satteles” yang berarti seorang pelayan atau pengiring. Satelit didefinisikan sebagai benda kecil yang bergerak mengelilingi sebuah planet sebagai pengiring. Satelit dibedakan menjadi 2 macam, yaitu satelit alam dan satelit buatan.
  1. Satelit alam
Satelit alam adalah satelit yang sudah ada di dalam tata surya dan bukan diciptakan atau dibuat oleh manusia. Contohnya bulan merupakan satelit bumi.
  1. Satelit buatan
Satelit buatan adalah satelit yang dibuat oleh manusia dan diluncurkan dengan menggunakan roket. Contohnya satelit Palapa yang dimiliki oleh negara Indonesia.
Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus memiliki satelit yang berputar mengelilinginya. Sebagian besar satelit ini mengelilingi planetnya dalam arah yang sama dengan arah planet itu bergerak mengelilingi matahari. Yupiter yang terbesar diantara planet selayaknya memiliki banyak satelit. Satelit-satelit itu sangat menawan, karena yupiter bersama satelitnya membentuk susunan seperti tata surya kecil. Satelit-satelit bergerak pada sebuah bidang tunggal. Satelit ini mengangkasa seperti halnya planet-planet.





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar