Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

BADAI MATAHARI



Jika lidah api berlangsung dengan dahsyat maka yang terjadi bukan lagi awan tapi badai partikel bermuatan listrik yang disebut badai matahari . Badai ini sangat merugikan, dalam beberapa detik saja badai ini bisa menghembuskan energy yang jauh lebih besar dibandingkan seluruh energy listrik yang pernah dihasilkan di bumi.
Badai matahari raksasa yang pernah terjadi pada tahun 1987 menimbulkan kerugian besar pada penyediaan energy listrik di Amerika Utara. Arus listrik dari matahari memaksa seluruh pembangkit listrik dipadamkan dan menghancurkan peralatanpada pembangkit tersebut. Badai ini juga membahayakan astronot yang melakukan kegiatan di luar pesawat antariksa. Partikel yang berenergi sangat tinggi membahayakan tubuh manusia.

Badai matahari sering menimbulkan gangguan pada salah satu lapisan atmosfer bumi yang disebut ionosfer. Pada keadaan biasa ionosfer dapat memantulkan gelombang radio kembali ke bumi, sehingga gelombang ini dapat mencapai tempat yang jauh. Jika terjadi badai matahari, maka lapisan ionosfer ini menjadi bermuatan listrik sehingga tidak dapat memantulkan gelombang radio. Akibatnya, komunikasi yang menggunakan gelombang radio menjadi terganggu.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar